Disapa Hidayah Part3

"Semua Perbuatan tergantung niatnya, dan (balasan) bagi tiap-tiap orang (tergantung) apa Yang diniatkan......." (HR Bukhari No.1 & Muslim No. 1907)

Bismillahir-rohmaanir-rohiim.
Alhamdulillah hamdan i katheeran tayyiban mubaarakan feeh kamaa yuhibbu Robbuna wa yardho.
"Lupa akan sang maha memiliki segalanya".
"Buta akan firman-firmannya".
"Gila akan nafsu dunia".
"Menutup hati bahwa janji Allah itu benar".

Yaa Allah, Sungguh hamba telah mendzalimi diri hamba dengan kedzaliman yang banyak, Hamba makhlukmu yang penuh dengan dosa dan maksiat, Ampuni hamba Yaa Allah Yaa Ghafur.


Ketika dunia beserta isinya mulai menjauh dari anda mungkin bisa jadi anda lupa dengan siapa yang mempunyai dunia beserta isi-isinya. ya, Allah swt lah yang mempunyainya.
maka yang harus terfikir dibenak anda adalah bagaimana hubunganku dengan Pemiliknya dan bagaimana hubunganku dengan Alquran selama ini?, ohh ternyata benar, selama ini aku tidak berteman dengan Alquran, selama ini aku jauh dari Alquran. Na`uudzu biLlahi min dzalik.

Kisah ketika "Y" dijauhi dunia beserta isi-sinya. Dahulu "Y" menikmati hidup tanpa bernah bersyukur, setelah menjalani masa pekerjaan selama ±7 tahun di berbagai perusahaan dia mulai berfikir untuk mencari pekerjaan yang lebih bagus untuk kedepannya, karena pada saat itu "Y" mulai terfikir rencana masa depan yang ia impikan. mungkin disaat itu dia berfikir kalo pekerjaan yang gajinya lebih dari sebelumnya dia akan merasa tenang. dan bisa membuat langkah project masa depan. ternyata tidak, hatinya selalu gelisah, fikirannya selalu gelap dan bahkan arah hidupnya selalu terjerumus dalam kemaksiatan.

Alhasil karena ego dan keputusannya membuat dirinya menjadi pengangguran selama ±2 tahun, Begitu banyaknya masalah yang menimpa kehidupan pribadinya "Y", Dia kehilangan arah digelapkan oleh masalah-masalah duniawi, semua yang sudah di rencanakan hancur berantakan, Mungkin ini maksud sang maha pencipta menegur dirinya dan mungkin juga sang maha pencipta bermaksud untuk menyapanya agar kembali (Hijrah) kepada jalan yang diridhoi nya. 
Karir, Pekerjaan maupun hubungan hancur hanya meninggalkan gurat luka di hati, matinya jiwa dan pikiran. Yang Dia rasakan saat itu ialah kematian perlahan dalam hati, Gelap, dan kegelisahan.
Dua tahun dia menjalani hidup tanpa pekerjaan, Dua tahun Ikhtiar yang dilakukan tidak mendapatkan hasil, ikhtiar dari pagi sampai malam hanya berbuah capek dan lelah, padahal hewan saja sudah dijamin rezeki nya oleh Allah swt, terfikir dalam benaknya terasa sia-sia dan tidak berguna imbuhnya.

Ada banyak azab yang dia alami, Yaa.. azab bukan cobaan, karena banyaknya dosa besar yang dia lakukan. apa saja azab yang diturunkan Allah swt kepadanya. tertipu, terlilit hutang, bahkan orang disekelilingnya pun tidak percaya, kebutuhan ekonomi yang mendesak, bahkan untuk membantu orang tua pun begitu susah. padahal kita sama -sama tahu tidak ada halangan pintu rezeki untuk membantu orangtua, Rezeki pasti dijamin tapi apa yang terjadi, Kehilangan arah dalam kegelapan dunia. kemanapun berjalan terasa buntu.
itulah membuatnya bertanya kepada diri sendiri. suatu malam dia meletakkan kepalanya yang hina diatas sajadah sambil berucap, Yaa ALLAH apakah ini azab? Banyaknya dosa dan maksiat yang telah hamba perbuat, Inikah Adzab yang engkau turunkan kepada hamba, sungguh hamba tidak kuat ya Allah, sungguh hamba merasa hina dimatamu ya Allah, sungguh hamba berada didalam kegelapan dan kegelisahan Ya Allah, Yaa Allah azab duniamu seperti ini apalagi akhiratmu. Yaa Allah Terimalah taubat hamba. seketika dia mulai mengingat dosa-dosa yang dia perbuat disaat itu juga Air matanya pun mengucur deras.

Maha Benar Allah SWT yang menyindir kita bahwa "Adapun manusia apabila Tuhannya mengujinya lalu Dia dimuliakan-Nya dan diberi-Nya kesenangan, Maka Dia akan berkata: "Tuhanku telah memuliakanku". Adapun bila Tuhannya mengujinya lalu membatasi rizkinya Maka Dia berkata: "Tuhanku menghinakanku". (QS. Al Fajr: 15-16). 
Na`uudzu biLlahi min dzalik, Ampuni hamba Yaa Allah.

Pintu Hidayah pasti pernah menyapa hati, tapi sering kali kita abaikan.
Bersambung..!!!




Share this

Related Posts

Previous
Next Post »